Monday 2 July 2012

Road to Kemaro Island

Pulau Kemaro adalah pulau kecil yang berada di perairan Sungai Musi, Sumatera Selatan, Indonesia.
Perjalanan menuju Pulau ini sangat menyenangkan sekaligus mendebarkan, transportasi yang digunakan adalah dengan perahu kecil (nama tradisional nya perahu getek) atau perahu motor (boat). Akses ke pulau ini hanya dapat melalui jalur air, yaitu Sungai Musi.

Let's enjoy it.... :)



Perjalanan dimulai dari dermaga di depan Benteng Kuto Besak dan kita akan lewat bawah jembatan Ampera.

Di tepi sungai Musi terdapat beberapa bangunan peninggalan penjajah Belanda. Mereka mengembangkan daerah tepian sungai sebagai pusat perekonomian pada masa itu.


 Ini pemandangan lain dari tepian sungai Musi, Pabrik......



Rumah rakit merupakan bentuk adaptasi masyarakat yang tinggal di tepian sungai Musi. Rumah ini terapung di atas sungai dengan menggunakan bambu sebagai pengapungnya. Mereka hanya menggunakan tonggak-tonggak yang akan menjaga rumah ini tidak berpindah tempat.
Permasalahan yang sering dihadapi adalah ketika ada angin kencang atau ada kapal besar yang lewat. Hmmmmm.......... Yang belum terbiasa pasti akan mual-mual seperti mabuk laut. 





Rumah panggung, adalah bentuk adaptasi yang lain. Rumah ini menggunakan konstruksi panggung dengan kayu yang menancap sampai ke dasar sungai sebagai pondasinya. Rumah panggung bersifat lebih permanen karena  tidak dapat berpindah dan ketinggian panggung disesuaikan dengan ketinggian pasang surut air sungai.

Inilah dermaga Pulau Kemaro

  











Legenda yang berkembang tentang pulau Kemaro adalah legenda cinta antara seorang putri lokal dengan saudagar dari negri cina. Pulau ini sendiri, dikisahkan merupakan kapal mereka yan terbalik di sungai Musi, di pulau ini kemudian dibangun Klenteng yang kini telah berumur ratusan tahun. 


 Memandang sungai Musi dari pulau ini, sungguh menyenangkan...


 Sungai dan masyarakatnya sudah terbingkai dalam satu lukisan kehidupan yang indah. Hidup di atas Musi, dan belajar tetang kehidupan dari nya... ^_^

No comments:

Post a Comment